A. Visi

Visi STAIM Bandung dalam periode 2015-2027 adalah “Menjadikan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkemajuan dalam dakwah pencerahan di Jawa Barat pada tahun 2027”.

Berkemajuan dalam visi di atas mengandung beberapa makna, yaitu pertama, berkemajuan berarti kebaikan yang serba utama, yang melahirkan keunggulan hidup lahiriah dan ruhaniah. Dalam visi ini, STAI Muhammadiyah Bandung memiliki pandangan ke depan untuk menjadikan lembaganya sebagai pendidikan tinggi Islam yang berkeinginan untuk selalu mencipta kebaikan serba utama, baik dalam aspek pendidikan, penelitian maupun dalam pengabdiannya kepada masyarakat. Dari kebaikan serba utama ini diharapkan dapat melahirkan keunggulan-keunggulan hidup baik lahiriah maupun ruhaniahnya. Kedua, berkemajuan berarti mampu beradaptasi, mengakomodasi dan menyesuaikan secara tegas dengan dinamika zaman. Dalam pengertian ini, STAI Muhammadiyah Bandung berkehendak untuk selalu dapat mengikuti gerak zaman. Di antaranya adalah mengembangkan 5 (lima) kemahiran abad ke-21, yaitu kemahiran berpikir kritis (critical thinking), memecah masalah (problem soulving), komunikasi, kewargaan (citizenship) dan melek teknologi. Melalui pengembangan kemahiran abad ke-21 ini, STAI Muhammadiyah ke depan diharapkan lebih dapat berkontribusi dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Sedangkan kata dakwah pencerahan dalam visi di atas, terdiri dari dua kata, yaitu dakwah dan pencerahan. Dakwah berarti upaya rekonstruksi sosial (social reconstruction). Sedang pencerahan mengandung tiga makna, yaitu membebaskan, memberdayakan dan memajukan. Adapun dakwah pencerahan yang dimaksudkan adalah upaya rekonstruksi sosial yang membebaskan, memberdayakan dan memajukan. Dalam visi ini, STAI Muhammadiyah Bandung memiliki pandangan ke depan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam yang yang unggul dalam dakwah pencerahan, yaitu dakwah yang membebaskan, memberdayakan dan memajukan.

B. Misi

Sebagai penjabaran dari visi tersebut, STAIM Bandung mengemban Misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis Islam berkemajuan dalam kerangka struktur dan kultur kelembagaan yang berintegritas.
  2. Memanfaatkan dan mengembangkan inovasi ilmu pengetahuan untuk pencerahan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

C. Tujuan

Pelaksanaan visi dan misi di atas bertujuan:

  1. Terwujudnya kinerja pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta tata kelola kelembagaan yang berintegritas dan berkemajuan.
  2. Terwujudnya visi Islam berkemajuan dalam pembangunan yang berkelanjutan dan bermakna.

 

 VISI MISI TUJUAN
“Menjadikan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkemajuan dalam dakwah pencerahan di Jawa Barat pada tahun 2027”.

 

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis Islam berkemajuan dalam kerangka struktur dan kultur kelembagaan yang berintegritas. Terwujudnya kinerja pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta tata kelola kelembagaan yang berintegritas dan berkemajuan.
Memanfaatkan dan mengembangkan inovasi ilmu pengetahuan untuk pencerahan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Terwujudnya visi Islam berkemajuan dalam pembangunan yang berkelanjutan dan bermakna.

 

D. Nilai Dasar

Dalam pelaksanaan dan perwujudan visi, misi, tujuan dan sasaran di atas, STAI Muhammadiyah Bandung mengembangkan 4 (empat) nilai dasar yang menjadi corporate culture (budaya perusahaan) sekaligus filsafat sosialnya. Keempat nilai dasar tersebut disingkat dengan (4staim), yaitu : sincerity (ketulusan), trust (kepercayaan), allience (kerjasama), dan innovative with meaning (inovasi yang bermakna).

 

  1. Sincerity (Ketulusan)

Sincerity atau ketulusan merupakan nilai dasar (fundamental value) paling penting dalam mengembangkan produktivitas kerja. Ia mejadi inner dynamic yang mendorong untuk berpikir positif (positive thinking), merasa positif  (feeling thinking) dan bertindak postif (positive action) sehingga mencintai pekerjaan (profesinya) secara tulus dan selalu berusaha mengoptimalkan dan meningkatkan produktivitas kerjanya. Melalui sincerity atau ketulusan ini STAI Muhammadiyah diharapkan memiliki karsa batin sekaligus karya lahirnya yang tinggi dan bermakna.

 

  1. Trust (Kepercayaan)

Trust atau kepercayaan adalah nilai dasar yang berhubungan dengan penjagaan kebajikan (tidak merusak) dan kelangsungan atas suatu pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Nilai dasar kepercayaan ini sangat penting untuk melayani kepuasan pelanggan (customer) yang memberikan kepercayaannya kepada lembaga. Melalui nilai dasar trust atau kepercayaan ini STAI Muhammadiyah Bandung diharapkan dapat menjadi lembaga pelayanan publik yang terpercaya.

 

  1. Allience (Kerjasama)

Allience atau kerjasama (partnership) merupakan kekuatan utama dalam menjalankan berbagai kebijakan strategis dan program penguatan kelembagaan, baik menyangkut sumberdaya, sistem akademik maupun keuangan. Dalam masyarakat yang bercirikan kompleksitas dinamis (dynamic complexity) diperlukan superteam dan jejaring yang kuat. Melalui allience atau kerjasama (partnership) tersebut, STAI Muhammadiyah Bandung berharap dapat menjadi lembaga yang memiliki kesiapan dalam menghadapi persaingan dan menjadi solusi bagi berbagai masalah masyarakat yang begitu kompleks.

 

  1. Innovative with Meaning (Inovasi yang Bermakna)

Inovasi adalah kunci dari semuanya. Tetapi, bukan sekedar inovasi melainkan inovasi yang bermakna atau bernilai , baik dari aspek spiritual, intelektual, sosial-kemanusiaan maupun dalam aspek keramahan dengan lingkungan. Nilai dasar inovasi ini mengharuskan STAI Muhammadiyah Bandung untuk selalu adaftif terhadap perubahan dan bahkan melampoui perubahan itu sendiri. Melalui inovasi ini, STAI Muhammadiyah Bandung ini diharapkan dapat tetap eksis dan berperan penting sebagai lembaga sosialisasi, schooling dan education