Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah Program Studi yang didesain untuk mencetak guru-guru profesional di bidang pendidikan agama Islam dan budi pekerti. STAI Muhammadiyah Bandung berpandangan bahwa pendidikan karakter dan budi pekerti merupakan perwujudan misi profetik li utammima makarim al-akhlaq sebagai persyaratan utama dalam membangun peradaban bangsa, terutama di tengah tantangan abad ke-21 yang cenderung berkembang ke arah masyarakat yang tuna adab dan tuna budaya. Dalam praktiknya, pelaksanaan dan pengembangan pendidikan karakter dan budi pekerti itu membutuhkan tenaga-tenaga pendidik (guru-guru) yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Dalam kerangka memenuhi kebutuhan akan guru-guru profesional, berkarakter dan berkemajuan itulah, STAIMBandung membuka Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Prodi PAI  STAIM Bandung memiliki visi “Unggul, Berkarakter dan Berkemajuan dalam Bidang Pendidikan Agama Islam tahun 2027”. Dengan visi ini, diharapkan output yang dihasilkan, yaitu para sarjana PAI yang tidak hanya mempunyai kemampuan profesional yang unggul di bidang pendidikan agama Islam, tetapi juga berkarakter dan berkemajuan dalam mengadaptasi (ngigeulan) dinamika gerak zaman.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIM Bandung mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang berbasis Islam berkemajuan dengan kelembagaan dan kultur yang berintegritas
  2. Mengembangkan konsep pemikiran dan model-model pembelajaran yang inovatif dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  3. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan, baik hadrware skill maupun software skill untuk meningkatkan lulusan yang siap memasuki dunia kerja.

Adapun tujuan dan sasaran dari penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam ini adalah sebagai berikut:

  • Tujuan
  1. Terselenggaranya tridharma perguruan tinggi yang berbasis Islam berkemajuan dengan kelembagaan dan kultur yang berintegritas
  2. Menghasilkan konsep-konsep pemikiran dan model-model pembelajaran yang inovatif dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan lebih, baik human skill, conceptual skill, maupun technical skill yang memungkinkan mereka mampu memainkan peran sosial-ekonominya dalam masyarakat.
  • Sasaran
  1. Menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang profesional di bidang pendidikan dan keguruan di lembaga pendidikan dasar dan menengah pada jenjang pendidikan formal, non formal dan informal.
  2. Menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang mampu mengembangkan konsep-konsep pemikiran dan model-model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan.
  3. Menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki human skill, conceptual skill, maupun technical skill dalam menjalankan profesinya.

Dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut.

Standar Kompetensi dan Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam, diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Berkepribadian holistik
  2. Simpatik dan empatik dalam berkomunikasi, berkolaborasi serta memiliki sense of social crisis
  3. Menguasai materi pembelajaran, serta struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan dan mampu mengembangkannya secara kreatif melalui pemanfaatan teknologi
  4. Memiliki kemampuan pedagogik dalam memahami karakteristik peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.