S1-Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio.

MATA KULIAH

MASA STUDI:
8 Semester
JUMLAH SKS:
144 SKS

Dosen:

PROF.Dr.H. SANUSI UWES,M.Pd
Dosen Pendidikan Agama Islam

Alamat

Merc Campus, Melbourne, NSW   Lihat Peta

Kategori

S1

Program Studi PGRA adalah Program Studi yang didesain untuk mencetak guru-guru RA/PAUD/TK yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Pembukaan Prodi PGRA ini didasarkan pada hasil-hasil riset mutakhir di bidang  neuroscience dan psikologi yang meneguhkan tentang penting dan niscayanya pendidikan usia dini, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pendidikan usia dini ini menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia tersebut. Sedemikian pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut the golden age (usia emas). Di sisi lain, tantangan bagi anak-anak generasi abad ke-21 ini cukup berat. Berbagai kecenderungan perkembangan budaya yang tidak ramah anak muncul dari berbagai lini kehidupan. Sebut saja yang terbaru misalnya, kekerasan mental, fisik dan seksual pada anak yang tidak hanya datang dari luar, tetapi justru datang dari sekitar lingkungan dan bahkan keluarga sendiri. Belum lagi ancaman pornografi dan kekerasan dari media elektronik (TV, HP, Tablet dan komputer yang terkoneksi dengan internet)yang menggambarkan masyarakat tuna adab dan tuna budaya.

Semua itu, menjadi tantangan bagi semua pihak, termasuk lembaga pendidikan tinggi untuk dapat memberikan solusi yang ramah dan dapat mengembangkan potensi anak pada usia-usia emasnya. Dalam semangat inilah juga, STAIMuhammadiyah Bandung membuka Program Studi PGRA yang didesain untuk menyiapkan tenaga-tenaga pendidik di tingkat satuan pendidikan dasar, khususnya pada jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak/PAUD/RA. STAIMuhammadiyah Bandung berharap dengan dibukanya Program Studi PGRA ini dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan peradaban bangsa yang berkelanjutan melalui penyiapan generasi-generasi emasnya.

Visi, Misi dan Tujuan

Prodi PGRA STAIM Bandung memiliki visi “Unggul, Berkarakter dan Berkemajuan dalam Bidang Pendidikan Guru RA/PAUD/TK tahun 2027”. Dengan visi ini, diharapkan output yang dihasilkan, yaitu para sarjana PGRA yang tidak hanya mempunyai kemampuan profesional yang unggul di bidang pendidikan usia dini, tetapi juga berkarakter dan berkemajuan dalam mengadaptasi (ngigeulan) dinamika gerak zaman.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi PGRA STAIM Bandung mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesionalyang inovatif dan efektif dalam bidang pendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dalam bidangpendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI.
  3. Mengembangkan inovasi-inovasi pembelajaran dibidang pendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI melalui pemanfaatan teknologi.
  4. Menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil kajian keilmuan bidang pendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI kepada masyarakat.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan Program Studi PGRA ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik (guru) raudhatul athfal/PAUDIyang berkarakter dan berkemajuan (memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional).
  2. Menghasilkan karya penelitian yang inovatif dalam bidangpendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI
  3. Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bidang pendidikan guru raudhatul athfal/PAUDI
  4. Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan usia dini (TK/PAUD/RA).

Dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut.

Standar Kompetensi dan Profil Lulusan

Lulusan dari penyelenggaraan Program Studi PGRA STAI Muhammadiyah Bandung ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Berkepribadian holistik
  2. Menguasai teori perkembangan anak usia RA/PAUDI dan menerapkannya dalam pembelajaran;
  3. Mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA/PAUDI;
  4. Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA/PAUDI;
  5. Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA/PAUDI;
  6. Menguasai manajemen satuan pendidikan RA/PAUDI;
  7. Memiliki kemampuan melakukan penelitian tentang RA/PAUDI;
  8. Memiliki peranan aktif dalam kehidupan masyarakat profesi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Adapul profil lulusan yang diharapkan dari Program Studi PGRA inidalah sebagai berikut :

  1. Guru RA/PAUD  di Madrasah/Sekolah;
  2. Guru TKQ/TKA di Madrasah/BKPRMI;
  3. Taman Pengasuh Anak (Day Care)
  4. Pengelola Pendidikan di Raudhatul Athfal/ Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Day Care),
  5. Peneliti bidang pendidikan anak usia Raudhatul Athfal/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Day Care),
  6. Penulis bidang pendidikan anak usia Raudhatul Athfal/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Day Care),
  7. Konsultan pendidikan anak usia Raudhatul Athfal/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Day Care).

Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio

DAFTAR SEKARANG