S1-Hukum Islam Al-Ahwal Al-Syahsiyah (AS)

Terakreditasi "BAN PT"

DOWNLOAD PROCHURE

START:
21/08/2015
MASA STUDI:
18 months
ID:
MA-035
JUMLAH SKS:
48

Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah adalah Program Studi yang didesain untuk menyiapkan sarjana hukum Islam yang profesional, berkarakter dan berkemajuan.Berbagai perkembangan baru—seperti telah banyak dijelaskan dalam paparan sebelumnya—telah memunculkan masalah-masalah baru yang menyangkut hukum Islam.Tidak ada yang menyangkal bahwa dalam 150 tahun terakhir ini telah terjadi perubahan yang luar biasa dalam sejarah peradaban umat manusia. Perubahan ini ditandai dengan hadirnya globalisasi, revolusi iptek terutama di bidang komunikasi, informasi, transfortasi, genetika, penemuan arkeologis dan eksplorasi ruang angkasa. Selain itu, perkembangan baru juga ditandai dengan munculnya kesadaran yang meningkat tentang harkat dan martabat manusia, hubungan antar-agama yang semakin dekat, serta konsep negara-bangsa dan kesetaran gender. Berbagai perkembangan baru ini tak pelak lagi telah memunculkan masalah-masalah yang menuntut penyelesaian hukum, khususnya hukum keluarga. Misalnya, soal hukum perwarisan, hak pengasuhan anak, hak perceraian, hak pewalian, termasuk HAM dalam keluarga. Semua itu, menuntut keahlian dalam penguasaan khazanah hukum Islam klasik, hukum Islam kontemporer dan sosio-antropologi masyarakat baru abad ke-21. Dalam kerangka inilah, Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah menjadi sangat penting dalam mempersiapkan tenaga-tenaga ahli tersebut.

Visi, Misi dan Tujuan

Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah memiliki visi “Unggul, berkarakter dan berkemajuan dalam bidang hukum keluarga Islam tahun 2027”. Dengan visi ini, diharapkan output yang dihasilkan, yaitu para sarjana hukum Islam yang tidak hanya mempunyai kemampuan profesional dan unggul di bidangnya, tetapi juga berkarakter dan berkemajuan dalam mengadaptasi (ngigeulan) dinamika gerak zaman.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah STAIM Bandung mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan profesional dalam bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  2. Mengembangkan penelitian di bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  3. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihanketerampilan di bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  4. Menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil kajian keilmuan bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah) kepada masyarakat.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesionaldi bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  2. Menghasilkan konsep-konsep dan penelitian-penelitian di bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan dalam bidang hukum Islam (Al-Ahwal Al-Syahsiyah)
  4. Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat di bidang hukum Islam

Dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran di atas, Program Studi KPI mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut.

Standar Kompetensi dan Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Al-Ahwal Al-Syahsiyah, diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Memiliki kemampuan dan keahlian penyelesaian hukum yang berada dalam ruang lingkup Pengadian Agama baik yang bersifat litigasi maupun non-litigasi.
  2. Memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang Hukum Perdata Islam, yang meliputi hukum perkawinan, kewarisan, wasiat, hibah, shadaqah, wakaf dan urusan haji, serta memahami pranata hukum Islam lainnya.
  3. Memiliki kemampuan dan keahlian dalam practical astronomy (astronomi praktis) yang terdapat dalam dunia astronomi baik dalam tataran keilmuan (theoritical astronomy) maupun praktik(practical astronomy).
  4. Mampu menerapkan keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat, serta memiliki kemampuan dan keahlian dalam penyelesaian hukum yang berada dalam ruang lingkup Pengadian Agama baik yang bersifat litigasi maupun non-litigasi.

Sincerity

Ketulusan

Trust

Kepercayaan

Alliance

Kerjasama

Innovative

Inovasi

Tentang STAIM Bandung

STAI Muhammadiyah Bandung sudah berdiri sejak tahun 1983. Dalam 30 tahun lebih itu, STAIM Bandung tetap konsisten berkhidmat dalam mencetak manusia-manusia unggul yang tercerahkan.

Lokasi

Hubungi Kami

Email:
kontak@staimb-bandung.ac.id

Telepon/Fax : (022) 7314901

Hp/WA: 082120999788

Alamat :
Jl. Banteng Dalam No.6. Komplek Pendidikan Muhammadiyah, Kawasan RS. Muhammadiyah, Kota Bandung 40264