S1-Hukum Keluarga Islam (AS)

Terakreditasi "BAN PT"

Mata Kuliah

MASA STUDI:
8 Semester
JUMLAH SKS:
153 SKS

Dosen:

Dr. HENDAR RIYADI,M.Ag
KETUA STAI MUHAMMADIYAH BANDUNG
INDRA BUDI JAYA, S.H., M.H.
Sekretaris Program Studi
FIKFIK TAUFIK, S. S., M. Sy
Staf Program Studi
Dr. ACE SOMANTRI,M.Ag
Senat Akademik
YUDI DARYADI,S.Fil,M.Ag
LEMBAGA PENGKAJIAN,PENELITIAN,DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Kategori

S1

 

Program Studi Hukum Keluarga Islam (AS) merupakan salah satu Program Studi pada STAI Muhammadiyah Bandung yang memiliki izin operasional berdiri sejak tahun 2015 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 361 Tahun 2015. Sebagai salah satu Program Studi yang berada dalam lingkup STAI Muhammadiyah Bandung, Program Studi memiliki kesadaran terkait mutu akademik yang diembannya. Oleh karenanya, upaya peningkatan mutu akademik Program Studi akan terus dilakukan sejalan dengan laju perubahan zaman dan konstruk nalar pengetahuan yang mengitarinya.

Program Studi Hukum Keluarga Islam (AS) adalah Program Studi yang didesain untuk menyiapkan sarjana hukum Islam yang profesional, berkarakter, dan berkemajuan. Pelbagai perkembangan baru —dalam beberapa dasawarsa terakhir ini— telah memunculkan masalah-masalah kontemporer menyangkut hukum Islam. Tidak ada yang menyangkal bahwa dalam 150 tahun terakhir ini telah terjadi perubahan yang luar biasa dalam sejarah peradaban umat manusia. Perubahan ini ditandai dengan hadirnya globalisasi, revolusi iptek terutama di bidang komunikasi, informasi, transportasi, genetika, penemuan arkeologis dan eksplorasi ruang angkasa.

Selain itu, perkembangan baru juga ditandai dengan munculnya kesadaran yang meningkat tentang harkat dan martabat manusia, hubungan antar-agama yang semakin dekat, serta konsep negara-bangsa dan kesetaran gender. Pelbagai perkembangan baru ini tak pelak lagi telah memunculkan masalah-masalah yang menuntut penyelesaian hukum, khususnya hukum keluarga. Misalnya, soal hukum perwarisan, hak pengasuhan anak, hak perceraian, hak pewalian, termasuk HAM dalam keluarga. Semua itu, menuntut keahlian dalam penguasaan khazanah hukum Islam klasik, hukum Islam kontemporer dan sosio-antropologi masyarakat baru abad ke-21. Dalam kerangka inilah, Program Studi Hukum Keluarga Islam (AS) menjadi sangat penting dalam mempersiapkan tenaga-tenaga ahli tersebut.

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan

Program Studi Hukum Keluarga Islam (AS) memiliki visi “unggul, berkarakter dan berkemajuan di bidang hukum keluarga Islam tahun 2027”. Dengan visi ini, maka output yang dihasilkan bukan sekadar sarjana hukum keluarga yang mempunyai kemampuan profesional dan unggul di bidangnya semata, tetapi diharapkan berkarakter dan berkemajuan dalam mengadaptasi dinamika gerak zaman. Dengan memanfaatkan capaian output tersebut, maka orientasi Program Studi tidak sekadar diarahkan memiliki pemahaman yang bersesuaian dengan ideologi Persyarikatan, tetapi juga dibekali dengan kemampuan memenuhi kualifikasi dan akses market kerja, baik diperuntukkan bagi kalangan internal Persyarikatan maupun masyarakat secara global.

Visi yang diemban Program Studi di atas menggambarkan komitmen yang tinggi dari Program Studi, yaitu mampu menghasilkan sarjana berkualitas yang memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tetap mempertahankan kualifikasi akademik yang tinggi. Berdasar telaahan termutakhir, rumusan misi disesuai-kembangkan dengan kebutuhan yang lebih relevan, yang dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum keluarga Islam yang bermutu dan berkualitas yang berbasis pada bahan-bahan hukum, baik klasik maupun kontemporer dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial dan sains kontemporer disertai pemberian wawasan tentang perkembangan dan dinamika hukum Islam.
  2. Mengembangkan pengetahuan hukum keluarga Islam melalui pembelajaran terpadu dan riset berkelanjutan dengan melakukan penelitian dan pengkajian keilmuan hukum Islam dan hukum umum, khususnya di bidang hukum keluarga, hukum perdata, peradilan umum dan Islam yang aktual, efektif, dan inovatif yang responsif terhadap kepentingan masyarakat.
  3. Melatih keterampilan mahasiswa di bidang pengelolaan lembaga-lembaga hukum Islam, terutama hukum keluarga Islam, baik di tingkat Peradilan Agama atau Lembaga Advokasi Hukum dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang memiliki keterkaitan dengan pemberdayaan dan pengelolaan hukum keluarga Islam.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan penyuluhan, advokasi, dan konsultasi hukum yang berbasis pada pembelajaran dan penelitian hukum perdata, hukum keluarga dan peradilan, baik melalui lembaga-lembaga konsultan hukum Islam maupun umum dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyarakat.
  5. Membina dan mengembangkan jaringan kerja sama yang strategis dan sinergis dengan organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, stake holders, lembaga-lembaga peradilan, lembaga pendidikan, dan lembaga penerima lulusan dalam rangka link and match antara materi pembelajaran dan profil lulusan.
  6. Menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil kajian, baik keilmuan di bidang hukum keluarga Islam secara khusus dan di bidang hukum secara umum kepada masyarakat.
  7. 3. Tujuan dan Sasaran Program Studi

Visi dan misi Program Studi kemudian dilanjutkan dengan penyusunan tujuan dan sasaran Program Studi yang hendak dicapai telah disesuai-kembangkan berdasar tuntutan kualifikasi akademis dan pertimbangan market pasar lulusan, yang dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Tujuan:
    1. Menghasilkan lulusan yang profesional, cakap dalam pengetahuan, dan religius yang berwawasan keislaman, serta memiliki pemahaman komperhensif di bidang hukum, terutama bidang hukum keluarga Islam yang memiliki kompetensi dalam merespon persoalan-persoalan hukum kontemporer.
    2. Terwujudnya aktualisasi ilmu pengetahuan dan keahlian dalam kehidupan bermasyarakat oleh para lulusan di bidang hukum umum dan hukum keluarga Islam, di lembaga peradilan agama maupun negeri.
    3. Menghasilkan konsep dan riset yang terpadu sehingga mampu menghasilkan produk-produk penelitian dan karya-karya ilmiah di bidang hukum umum dan hukum keluarga Islam dengan pendekatan interdisipliner yang berbasis pengabdian kepada masayrakat dan pengembangan ilmu pengetahuan.
    4. Terciptanya profesionalitas di lembaga-lembaga hukum, lembaga penyuluhan masyarakat, dan lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama dengan memberikan pemberdayaan dan konsultasi hukum Islam sebagai bentuk kontribusi dan tanggungjawab keilmuan kepada masyarakat.
    5. Terjalinnya kerjasama dalam perlindungan hukum dengan lembaga-lembaga peradilan agama dan negeri, pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi maupun komisi yudisial, dan lembaga-lembaga lain yang terkait, sehingga mampu enghasilkan lulusan yang terampil dalam pengelolaan lembaga-lembaga hukum keluarga Islam.
  2. Sasaran:
  3. Menjadi praktisi Peradilan Agama, baik (1) tenaga ahli di Lembaga Peradilan Agama (hakim, mediator, advokat, panitera, dan juru sita) atau (2) praktisi hukum di luar lingkungan Peradilan Agama, baik sebagai konsultan hukum/para legal, legal drafter, atau konsultan keluarga.
  4. Menjadi pengelola Lembaga Urusan Agama, yaitu tenaga ahli di Lembaga Perkawinan Islam (Penghulu KUA, Administrator KUA, dan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) pada KUA).
  5. Menjadi praktisi hukum Islam/asisten peneliti hukum Islam, yaitu peneliti muda yang produktif dalam bidang hukum secara umum dan hukum keluarga Islam secara khusus yang memiliki kemampuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan keilmuan di bidangnya.
  6. Praktisi/ulama hisab dan rukyat, yaitu praktisi falaq yang berkompeten, mampu dan cakap di bidang fikih astronomi, dan ulama hisab dan rukyat di lembaga/observatorium keastronomian.
  7. 4. Kompetensi Program Studi

Sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi di atas serta tuntutan dan kebutuhan stakeholders —mampu menghasilkan sarjana yang mempunyai kompetensi di bidang hukum, terutama kemampuan dalam bidang hukum keluarga Islam secara khusus, baik dalam tataran akademik maupun praktik— maka Program Studi berupaya untuk menghasilkan, mengembangkan, dan menyesuaikan kompetansi lulusannya dalam tiga (3) kompetensi, yaitu kompetensi dasar, kompetensi, utama, dan kompetensi pendukung lainnya. Ketiga kompetensi ini dapat diuraikan sebagai berikut.

  • KOMPETENSI DASAR
  1. Memiliki pemahaman yang memadai tentang akidah Islamiyah.
  2. Berkomitmen tinggi untuk mengamalkan ilmu-ilmu syariah dalam lingkup kehidupan.
  3. Menjalankan akhlakul karimah sebagai keutamaan dalam perbuatan sehari-hari.

 

  • KOMPETENSI UTAMA
  1. Memiliki kemampuan dan keahlian penyelesaian hukum yang berada dalam ruang lingkup Pengadian Agama, baik yang bersifat litigasi maupun non-litigasi.
  2. Memiliki kemampuan, penguasaan pengetahuan, kemampuan melaksanakan kegiatan kepenghuluan, yaitu pelayanan dan konsultasi hukum keluarga serta cakap sebagai administrator KUA.
  3. Memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang hukum perdata Islam, yang meliputi hukum perkawinan, kewarisan, wasiat, hibah, shadaqah, wakaf dan urusan haji, serta memahami pranata hukum Islam lainnya.
  4. Memiliki kemampuan dan keahlian dalam practical astronomy (astronomi praktis) yang terdapat dalam dunia astronomi, baik dalam tataran keilmuan (theoritical astronomy) maupun praktik (practical astronomy).
  5. Mampu menerapkan keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat, serta memiliki kemampuan dan keahlian d
    alam penyelesaian hukum yang berada dalam ruang lingkup Pengadian Agama, baik yang bersifat litigasi maupun non-litigasi.

 

  • KOMPETENSI PENDUKUNG
  1. Mampu mengamalkan ketentuan hukum keluarga islami dalam kehidupan.
  2. Berjiwa kepemimpinan yang memadai dalam dunia kerja nyata sesuai dengan kompetensinya.
  3. Memiliki kemampuan mengembangkan diri melalui keterampilan kewirausahaan (enterpreneurship).

Allience

Sincerity

Trust

Innovation

KONTAK

Telp            : (022) 7314901
HP / WA    : 082120999788
Email         : humasstaimbandung@gmail.com
Alamat       :
Komplek Pendidikan Muhammadiyah, Kawasan RS. Muhammadiyah, Jl. Banteng Dalam No.6, Turangga, Lengkong, Bandung City, West Java 40264