S1-Ekonomi Syariah

Terakreditasi "C"

Download Brochure

START:
31/10/2015
MASA STUDI:
8 Semester
ID:
BA-038
JUMLAH SKS:
3
PRICE
Rp35,00

 

Program Studi Ekonomi Syariah didesain untuk menyiapkan sarjana-sarjana ekonomi syariah yang berkarakter dan berkemajuan. Pemikiran mendasar dalam pembukaan Prodi Ekonomi Syariah ini adalah adanya trend pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia yang terus berkembang setelah adanya perubahan atas UU No. 7 tahun 1992 ke UU No. 10 tahun 1998. Perubahan ini telah memberikan peluang yang sangat besar bagi perbankan nasional untuk menjalankan sistem syariah. Lahirnya UU No. 10 tahun 1998 telah memungkinkan bank syariah beroperasi sepenuhnya sebagai Bank Umum Syariah (BUS) atau dengan membuka Unit Usaha Syariah (UUS). Perkembangan perbankan syariah ini semakin meningkat, terutama setelah lahirnya UU No. 21 tahun 1998 tentang Perbankan Syariah (Khaerul Umam, 2013: 22-23).

Beberapa perbankan yang sudah menjalankan praktik-praktik keuangan syariah adalah antara lain, Bank Umum Syariah (BUS) sebanyak 11 bank dan 1.390 kantor, Unit Usaha Syariah (UUS) sebanyak 24 unit dan 300 kantor dan Bank Pekreditan Rakyat Syariah (BPRS) sebanyak 155 bank dan 364 kantor (A. Wangsawidjaja, 2012: 11).Jumlah tersebut mengalami pertambahan pada tahun 2012 sehingga jumlah perbankan syariah di Indonesia adalah BUS sebanyak 11 bank, UUS 24 unit, dan BPRS 156 bank serta jaringan kantor perbankan syariah mencapai 2.574 unit (http://Biososial.com, diposting tanggal 23 Maret 2013). Jumlah tersebut akan terus mengalami peningkatan seiring perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Di tahun 2013, misalnya, BNI ’46 telah menspin-offkan bank syariahnya dan BCA sudah membuka unit usaha syariahnya. Adapun total aset perbankan syariah sudah mencapai Rp 179 triliun atau tepatnya 4,4 persen dibandingkan total aset perbankan nasional (Republika, 2 Desember 2013).

Perkembangan ekonomi syariah di atas, tentu bukan tanpa tantangan. Tantangan pertama adalah pemahaman masyarakat yang masih beragam (ketidaksamaan persepsi). Pada dasarnya sistem ekonomi syariah telah jelas dan diterima oleh masyarakat muslim. Intinya Islam melarang segala bentuk transaksi ribawi serta akumulasi yang hanya tertumpu pada pihak tertentu secara tidak adil. Perbedaannya terletak di tataran praktis sehingga masih perlu terus disosialisasikan. Masyarakat luas di berbagai segmen masih belum terlalu banyak mengerti sistem, konsep, filosofi, produk, keuntungan dan keunggulan bank syariah.

Kedua adalah ketersediaan SDM. Kendala di bidang sumber daya manusia ini disebabkan oleh karena sistem ekonomi syariah belum lama dikembangkan. Di samping itu, lembaga-lemabaga akademik dan pelatihan di bidang ekonomi syariah masih sangat terbatas sehingga tenaga terdidik dan berpengalaman dalam bidang ekonomi syariah masih sangat sedikit.

Ketiga adalah produk kebijakan yang belum sepenuhnya mendukung. Sampai saat ini, perundang-undangan yang merupakan produk kebijakan pemerintah dalam bentuk hukum sudah memberikan peluang bagi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Akan tetapi karena adanya sejumlah perbedaan dalam pelaksanaan operasional bank syariah dengan bank konvensional, ketentuan-ketentuan perbankan perlu disesuaikan agar memenuhi ketentuan syariah sehingga bank syariah dapat beroperasi secara efektif dan efisien.

Dalam kerangka merespon trend dan tantangan perkembangan ekonomi yang berbasis syariah itulah, STAI Muhammadiyah bandung melakukan langkah strategis dengan membuka Program Studi Ekonomi Syariah (S.1). Langkah strategis ini diharapkan dapat menyiapkan para sarjana yang tidak hanya mempunyai wawasan dan keilmuan ekonomi syariah, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berkemajuan dalam menghadapi tantangan ekonomi global ke depan.

Visi, Misi, dan Tujuan

Prodi Ekonomi Syariah STAIM Bandung memiliki visi “Unggul, Berkarakter dan Berkemajuan dalam bidang Ekonomi Syariah tahun 2027”.Dengan visi ini, diharapkan output yang dihasilkan, yaitu para sarjana Ekonomi Syariah yang tidak hanya mempunyai kemampuan profesional dan unggul di bidangnya, tetapi juga berkarakter dan berkemajuan dalam mengadaptasi (ngigeulan) dinamika gerak zaman.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Ekonomi Syariah mengemban misi sebagai berikut :

Menyelenggarakan pendidikan ekonomi syari’ah yang bermutu dan berkualitas
Mengembangkan pengetahuan ekonomi syari’ah melalui pembelajaran terpadu dan riset.
Melatih keterampilan mahasiswa di bidang pengelolaan lembaga-lembaga keuangan syariah.
Menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil kajian keilmuan bidangekonomi syariah kepada masyarakat.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Syariah ini adalah sebagai berikut:

Menghasilkan lulusan yang profesional, berjiwa entrepreneur dan berdaya saing kerja di bidang ekonomi syariah
Menghasilkan konsep-konsep dan riset-riset ekonomi syariah yang terpadu
Menghasilkan lulusan yang terampil dalam pengelolaan lembaga-lembaga keuangan syariah
Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat

Dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan di atas, Program Studi Ekonomi Syariah mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut.

Standar Kompetensi dan Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Ekonomi Syariah, diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

Berkepribadian holistik
Simpatik dan empatik dalam berkomunikasi, berkolaborasi serta memiliki sense of social crisis
Menguasai ilmu-ilmu dasar kesyariahan, ilmu ekonomi syariah dan ilmu ekonomi umum.

Memiliki kecakapan dalam pengelolaan lembaga keuangan syariah (menjadi manager) dan berjiwa enterpreneur dalam penembangan ekonomi syariah (menjadi wirausahawan)

Sincerity

Ketulusan

Trust

Kepercayaan

Alliance

Kerjasama

Innovative

Inovasi

Tentang STAIM Bandung

STAI Muhammadiyah Bandung sudah berdiri sejak tahun 1983. Dalam 30 tahun lebih itu, STAIM Bandung tetap konsisten berkhidmat dalam mencetak manusia-manusia unggul yang tercerahkan.

Lokasi

Hubungi Kami

Email:
kontak@staimb-bandung.ac.id

Telepon/Fax : (022) 7314901

Hp/WA: 082120999788

Alamat :
Jl. Banteng Dalam No.6. Komplek Pendidikan Muhammadiyah, Kawasan RS. Muhammadiyah, Kota Bandung 40264