UKM PSM STAI Muhammadiyah Bandung mewadahi mahasiswanya yang memiliki hobi di bidang seni tarik suara. Di tempat ini mereka belajar bersama-sama dengan cara-cara yang mengasyikan.

Di satu ruangan yang ukurannya cukup luas, sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM), Bandung yang tercatat sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) akan berkumpul untuk melaksanakan kegiatan latihan rutin. Kegiatan ini mereka lakukan seminggu sekali.

Diruangan ini mereka akan belajar bersama-sama mengenai teknik-teknik dasar suara. Mulai dari mengenal not-not lagu, menyesuaikan antara vokal dan lagu, olah suara dan lainnya.

Suasana yang sangat mencair dan penuh keakraban ini bisa dijumpai saat berkumpul untuk melaksanakan latihan rutin di kampusnya itu. Tak ada rasa canggung antara pelatih dan para anggotanya ini.Mereka berbaur menjadi satu untuk belajar paduan suara.

PSM ini, boleh jadi sebagai langkah positif bagi petinggi kampus. Bahwa aktivitas setiap mahasiswa tidak hanya fokus di materi perkuliahan saja, namun mereka juga bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya melalui organisasi yang bernama UKM.

Kendati sederhana, hal seperti ini cukuppenting.Pasalnya untuk mengembangkan bakat mahasiswa bisa melalui cara-cara seperti ini, dengan organisasi kemahasiswaannya.

Pembina UKM PSM STAI Muhammadiyah Bandung, Agung Tirta Wibawa mengatakan, keberadaan UKM ini bukan hanya sekadar wadah mahasiswa yang memiliki bakat di bidang seni tarik suara, namun lebih jauh melalui organisasi ini diharapkan bisa menjadi media pengembangan potensi mahasiswa sekaligus media promosi kampus.

“Ini wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang seni tarik suara. Jadi adanya UKM ini bukan cuma karena kebutuhan kampus saja, tapi wadah bagi mahasiswa juga,” ujar Agung kepada INILAH, di kampus STAI Muhammadiyah, Jalan Banteng Dalam 6 Kota Bandung, Sabtu (18/6).

UKM yang didirikan pada 2011 ini kerap tampil di beberapa acara, baik itu di internal kampus, maupun di luar kampus. Untuk di internal kampus, UKM ini kerap tampil dibeberapa acara, seperti penerimaan mahasiswa baru, wisuda, atau acara-acara lainnya.

Sementara untuk acara di luar kampus, dikatakan Agung, UKM ini serap mengisi acara-acara Muhammadiyah atau lomba yang digelar oleh perguruan tinggi antar Muhammadiyah, acara-acara partai dan lainnya.

Sebagai organisasi kampus, PSM STAI Muhammadiyah, Bandung membuka selebar-lebarnyapintu bagi mahasiswanya yang tertarik untuk bergabung dan mau belajar secara bersama-sama di bidang seni tarik suara ini. Menurut data yang tercatat, saat ini lebih dari 25 mahasiswa setiap tahunnya bergabung di UKM tersebut.