PROF. Dr. H. AFIF MUHAMMAD, M.A.

PROF. Dr. H. AFIF MUHAMMAD, M.A.

Dosen

Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA., lahir 12 Maret 1948 di Jombang. Memperoleh pendidikan dasar dan menengahnya di Pesantren Tambak Beras, Jombang dan menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ushuluddin, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Skripsinya yang berjudul Multi Interpretasi Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Sebagai Modus Vendi Agama-Agama di Indonesia, telah mengantarkannya sebagai sarjana berpretasi terbaik di Fakultasnya. Sejak tahun 1986, dia diangkat sebagai pengajar di almamaternya, dan pada tahun 1987 melanjutkan studi di Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (sekarang UIN Jakarta). Gelar Magister diraihnya pada tahun 1989, dan gelar doktor pada tahun 1996.Pria yang lahir dari keluarga santri ini juga dikenal sebagai penerjemah yang sangat produktif. Hingga tahun 1996 buku terjemahannya (dari bahasa Arab dan Inggris) telah mencapai kurang lebih 50 buah. Disamping itu dia juga seorang kolumnis di berbagai surat kabar dan majalah, dan pernah mengisi secara tetap rubrik Refleksi pada Majalah Percikan Iman (MaPI).

Ketika masih sebagai mahasiswa dia aktif dalam organisasi kemahasiswaan, baik intra maupun ekstra universiter, dan pada tahun 1972, ketika masih semester VI, dia dikirim menjadi salah seorang anggota Tim Dakwah Islam untuk para tahanan politik (Tapol) di Pulau Buru.

Selain mengikuti berbagai seminar dan pertemuan ilmiah, baik nasional maupun internasional, dia juga dikenal sebagai muballigh dan Direktur Gerbang, sebuah LSM yang menaruh perhatian terhadap pemberdayaan politik kaum perempuan.

Jabatan akademik yang pernah dipangkunya adalah Ketua Jurusan Aqidah dan Filsafat, Fakultas Ushuluddin, IAIN (kini UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, dan Ketua Jurusan Tafsir dan Hadits di Fakultas yang sama. Sejak 1997 pendiri Pesantren Mahasiswa Fi Zhilal al-Quran ini dipercaya sebagai Asisten Direktur Bidang Akademik. Direktur Program Pascasarjana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2005-2010. Kini menjabat sebagai ketua program studi Religious Studies Pascasarjana UIN SGD Bandung.

Di antara buku yang ditulisnya adalah Islam Madzhab Masa Depan: Menuju Islam Non-Sektarian (Pustaka Hidayah, 1997), dan Tafsir alQuran Untuk Anak-anak (14 Jilid) . Setelah Pelangi Islam (Percik Press, 2004), dan Dari Teologi ke Ideologi ini, buku yang segera menyusul adalah Kesalehan Sosial-Kesalehan Individual dan Islam Proses: Madzhab Bandung, yang sedang dipersiapkan penerbitannya oleh Penerbit Pena Merah.[]

Events

ID Event Name Duration Start Date
UE-004 Student Exchange Program Information Sessions 5 Hours 19/02/2020
UE-001 Science In The New Era 4 Hours 19/02/2020
UE-005 How To Sell Anything 2.5 Hours 19/02/2020

Allience

Sincerity

Trust

Innovation

KONTAK

Telp            : (022) 7314901
HP / WA    : 082120999788
Email         : humasstaimbandung@gmail.com
Alamat       :
Komplek Pendidikan Muhammadiyah, Kawasan RS. Muhammadiyah, Jl. Banteng Dalam No.6, Turangga, Lengkong, Bandung City, West Java 40264