Meiji Jingu Temple, kuil bersejarah bagi penganut Shinto

Shibuya, 4 Oktober 2017

Meiji-Jingu adalah salah kuil shinto berskala besar yang dibangun bertepatan dengan restorasi Meiji, hampir seluruh bagiannya dipenuhi dengan pepohonan hijau yang menambah asri, serta kesejukan hati wisata rohani ini. Kuil ini menjadi tempat pemujaan roh Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken. Disana terdapat “Tori’i” bangunan pintu besar yang terbuat dari batang utuh pepohonan, tingginya sekitar 12 m. Tori’i berfungsi untuk memberi tanda bahwa pengunjung telah masuk pada wilayah yang suci dan wajib melakukan penghormatan yakni dengan membungkukan badan tepat sebelum melalui Tori’i.

 

Sebelum memasuki kuil utama Meiji diwajibkan bagi pengunjung untuk melakukan pembersihan diri, boleh dikatakan sebagai wudhunya penganut Shinto. Disana disediakan semacam bak dan gayung kecil yang terbuat dari kayu. Cara pensucian dirinya adalah dengan membasuh tangan lalu berkumur-kumur.

Setelah itu, kita dipersilahkan untuk berdo’a didepan kuil Meiji dengan berdiri tegak dihadapan kuil lalu membungkukan badan lalu bangkit dan bertepuk tangan sebanyak dua kali, lalu menundukkan kepala dan berdo’a setelah itu kepala kembali ditegakkan dan membungkukan badan kembali serta melemparkan koin kedalam sebuah wadah kayu.

Istimewanya selama kami menjelajahi seluruh bagian kuil Meiji, kami didampingi oleh pendeta shinto yang menjelaskan  dan membimbing bagaimana orang shinto beribadah.

JENESYS 2017 Bacth 1 Indonesia

Shibunya,Tokyo, Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *